Investasiku Dimasa Depan..

HASILKAN Rp. 30.000 JT/Bln

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Mati Total) dan Berdengung

by Unknown , at 07.26.00 , have 1 comment
CARA MEMPERBAIKI KIPAS ANGIN RUSAK ( MATI TOTAL ) DAN BERDENGUNG

http://sumberinvestasiku.blogspot.co.id/
Berhubung saya baru saja berhasil memperbaiki salah satu kipas angin rusak yang ada dirumah  maka saya memutuskan untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memperbaiki kipas angin rusak (mati total) dan Berdengung.

Bila teman-teman mengalami permasalahan dengan kipas angin sebaiknya jangan dulu buru-buru dibawa ke tukang service karena boleh jadi kipas angin yang rusak tersebut dapat diperbaiki sendiri yang otomatis teman-teman tidak harus keluar duit banyak untuk biaya perbaikan kipas anginnya. coba perbaiki sendiri terlebih dahulu dan apabila gagal, baru deh dibawa ketukang service terdekat untuk mendapatkan penanganan dari para ahlinya..


Oke langsung saja saya ceritakan kronologis tentang gejala-gejala serta kerusakan yang terjadi pada kipas angin yang baru saja saya perbaiki tersebut: gejala awal yang terjadi ketika kipas angin tersebut sudah dinyalakan beberapa saat maka putaran kipas yang tadinya berputar kencang tiba-tiba jadi melambat putaran kipas nya lalu putaran berhenti hingga tidak mau bergerak sama sekali atau mati total. Setelah kipas angin tersebut dimatikan dengan menekan tombol on/off lalu dibiarkan beberapa saat dan dinyalakan kembali maka kipasnya akan kembali berputar tapi putaran awalnya terasa berat seperti ada yang mengganjal sehingga kipas tidak dapat berputar secara normal dan beberapa saat kemudian mati kembali dengan sendirinya. jika dibiarkan beberapa saat tanpa dimatikan tombol on/off kipas angin tersebut akan mengeluarkan bau seperti ada yang terbakar dibagian dalam area komponen spul dan kapasitor kipas angin tersebut. (lihat Gambar berikut ini contoh komponen spul dan kapasitor kipas angin bagian luar dan dalam setelah cover/penutup dibongkar).
http://sumberinvestasiku.blogspot.co.id/

http://sumberinvestasiku.blogspot.co.id/
Nah sekarang kita lanjutkan kebagian penyelesaian masalah atau perbaikan kipas angin tersebut. sebelum saya menerangkan tentang cara memperbaiki kipas angin rusak (mati Total) dan berdengung, ada baiknya saya sampaikan sedikit tentang penyebab terjadinya kerusakan pada kipas angin sebelum mengalami rusak mati total dan berdengung.  biasanya kerusakan awal kipas angin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk terlalu banyak sehingga sehingga membuat as bearing menjadi macet/berat untuk berputar dan kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama.  

Baiklah, sekarang saya akan jelaskan cara memperbaiki kipas angin rusak satu per satu berdasarkan kerusakannya.

A. Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berputar Tapi Sangat Lambat dan Berdengung.

Biasanya Kipas angin berputar tapi lambat disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk terlalu banyak jadi bersihkan lah debu tersebut terlebih dahulu jika setelah dibersihkan masih mengalami hal yang sama maka kita dapat memastikan kerusakkannya pada bushing/bearing.

Di dalam kipas angin bushing/bearing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini tidak bagus maka sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakkan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan karena keausan. 

Cara Mengganti Bushing/Bearing:
1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba dulu tes hidupkan kipas.
6. Jika sudah ok, pasang kembali semuanya.
7. Selesai.

 B. Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Berdengung (Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan terdengar suara Berdengung didalam kipas)

Bila kipas angin hanya berdengung tapi tidak berputar ketika dinyalakan biasanya disebabkan oleh dua hal berikut:

1. AS/POROS DINAMO (Kumparan/spul) tidak Sejajar.
Kedudukan AS/Poros dinamo yang sudah tidak sejajar lagi mengakibatkan kipas tidak dapat berputar dikarenakan porosnya miring atau lengket pada dinding kumpuran, ini disebabkan oleh longgarnya baut-baut pengikat dinamo karena panas yang berlebihan.
Cara memperbaikinya:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Kencangkan semua baut pengikat dinamonya
3. Coba putar kipas pakai tangan untuk memastikan kipas sudah berputar normal seperti biasanya
4. Bila sudah normal, tutup cover dan nyalakan kipas anginnya
5. selesai....

2. Kapasitor Rusak
Bila teman-teman suddah melakukan tindakan diatas dan memutar-mutar kipas menggunakan tangan terasa enteng atau terasa normal seperti biasanya tapi tidak mau berputar juga maka sudah pasti kapasitornya telah rusak dan dapat langsung mengganti kapasitornya.
Cara mengganti kapasitor:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Ganti kapasitornya
3. tutup cover dan nyalakan kipas anginnya
4. selesai....

C. Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Mati Total dan Bau Hangus (Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Tidak ada Suara dengung di dalam kipas).
bila terdapat bau terbakar, kita tidak bisa langsung memvonis bahwa kerusakan terjadi pada spulnya yang terbakar begitu saja, bisa jadi bau hangus tersebut adalah karena terbakarnya kabel yang ada pada sambungan (karena pembungkus dari kabel tersebut terbuat dari plastik dan tidak tahan terhadap panas) seperti yang saya alami disini. - See more at: http://www.romli.net/2015/03/kipas-angin-mendengung-dan-bau-terbakar.html#sthash.5B5ucCqa.dpuf

Bila terdapat bau terbakar, kita tidak bisa langsung menyimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada kumparan/spulnya yang terbakar, bisa jadi bau hangus tersebut adalah karena terbakarnya kabel yang ada pada sambungan karena pembungkus dari kabel tersebut terbuat dari plastik dan tidak tahan terhadap panas
bila terdapat bau terbakar, kita tidak bisa langsung memvonis bahwa kerusakan terjadi pada spulnya yang terbakar begitu saja, bisa jadi bau hangus tersebut adalah karena terbakarnya kabel yang ada pada sambungan (karena pembungkus dari kabel tersebut terbuat dari plastik dan tidak tahan terhadap panas) seperti yang saya alami disini. - See more at: http://www.romli.net/2015/03/kipas-angin-mendengung-dan-bau-terbakar.html#sthash.5B5ucCqa.dpuf
Cara memperbaikinya:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Periksa kondisi kumparan/spulnya terlebih dahulu, lakukan hal ini dengan hati-hati.
3. Bongkar sambungan antara kabel dan spul yang terdapat pada motor yang terikat pada lilitan motor kipas angin tersebut. Biasanya kabel nya terputus dan plastik pembungkusnya gosong karena terbakar akibat tidak tahan panas,
4. Jika ada yang putus langsung disambung kembali kabel tersebut.
5. Setelah selesai rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
6. Selesai.

D. Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Mati Total (Kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas).

Pada kasus ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar.
Cara mengganti fuse / sekring:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Cari sekring yang berada di dekat kumparan seperti gambar diatas (lakukan hal ini dengan hati-hati jangan sampai kabel lain terputus).
3. Untuk memastikan sekring rusak, lepas sekring dan hubungkan kabel secara langsung.
4. Jika kipas hidup berarti sekring memang rusak, silahkan ganti dengan sekring baru.
5. Setelah selesai rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
6. Selesai.

Bila Setelah mengecek fuse/sekring ternyata sekringnya masih bagus itu berarti kerusakan terjadi pada spul/kumparan. Jadi teman-teman harus menggulung spull atau mengganti spul nya karena sekarang sudah tersedia (1-set motor) di toko elektronik dengan pilihan kawat spul yang terbuat dari aluminium atau dari tembaga.

Demikian penjelasan dari saya tentang cara memperbaiki kipas angin rusak berdasarkan pengalaman saya dalam mengatasi kerusakan kipas angin dirumah.. semoga bermanfaat..



Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Mati Total) dan Berdengung
Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak (Mati Total) dan Berdengung - written by Unknown , published at 07.26.00 , categorized as TUTORIAL/CARA . And have 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger